Kamis, 02 September 2010

Komunikasi I

Saya akan berbagi info mengenai komunikasi, sebagai tenaga kesehatan khususnya sebagai seorang analis harus memiliki skill terhadap komunikasi, hal ini akan memberi kemampuan bagi seorang analis tidak hanya tidak sebagai perkerja, apa lagi bila seorang analis yang telah menyandang titel S1 kemampuan beriteraksi dengan atasan masyarakat merupakan modal utama dalam berkerja, oleh karena itu kemampuan berkomunikasi menjadi hal yang penting dikuasai oleh seorang analis
Selama ini seorang analis hanya sebagian kecil mempunyai skill berkomunikasi sehingga sangat sedikit analis memegang peranan dan mempunyai jabatan dalam mengambil keputusan sehingga para analis hanya bertempat dilevel terbawah sehingga hak-hak analis tidak terpunuhi secara maksimal. Sunguh sangat ironis hal ini terjadi, mudah-mudahan dengan bersatu dan saling memberi imformasi dan berbagi materi yang akan menambah sklii dan kemampuan analis akan menjadi momen awal untuk peningkatan kejayaan analis, masukan, kritikan dan saran sangat dibutuhkan..

Komunikasi I

Asal kata ‘komunikasi’

Kata komunikasi berasal dari kata benda bahasa Yunani communis berarti masyarakat atau keumuman dan kata kerja bahasa latin communicare yang berarti membentuk atau membangun
Definisi komunikasi
Suatu proses dimana para peserta berinteraksi untuk menciptakan dan membagi informasi satu sama lain untuk mencapai kesepahaman bersama

Unsur – Unsur Dasar Komunikasi

1. Simbolisme kata, imaji, emosi
2. Proses dua-arah
3. Relevansi kelompok, budaya, bahasa
4. Kejujuran
5. Mempengaruhi sikap, prilaku
6. Tepat waktu

Maksud komunikasi

1. Interaksi sosial – Perkembangan komunitas & budaya
2. Berbagi makna – informasi, fakta, gagasan, emosi
3. Persuasi, motivasi, perubahan perilaku
4. Pengembangan organisasi

Komunikasi dengan maksud

1. Memiliki alasan yang jelas untuk berkomunikasi
2. Menyusun pesan agar bisa mencapai maksud
3. Lugas / jelas dalam membuat makna pesan
4. Gunakan medium yang sesuai
5. Sediakan kesempatan bagi lawan bicara untuk menanggapi

Cara komunikasi

1. Oral (tatap muka) – suara, pendengaran, sikap, tanda-tanda
2. Tertulis (antisipasi tanggapan pembaca) - pengetahuan pembaca, kata, bahasa
3. Gambar – mewakili kata, pesan-pesan

Oleh : Habib Tengku Rizal

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar